ac

Analisis Peran Hukum dan Ekonomi Makro Terhadap Inflasi Kota Bandung Tahun 2020

Authors

  • Dwi Ratna Kartikawati Fakultas Hukum, Universitas Krisnadwipayana

DOI:

10.47709/jumansi.v5i2.2325

Keywords:

Inflasi, Hukum, Ekonomi Makro.

Dimension Badge Record



Abstract

Latar belakang: Penulisan ini bertujuan untuk menganalisis peran hukum dalam mengatur kebijakan perekonomian di Kota Bandung dalam menekan tingkat inflasi,

Metode penelitian: Pendekatan yang digunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur data sekunder.

Hasil penelitian: Hasil penelitian studi literatur menunjukkan bahwa inflasi di Kota Bandung tahun 2020 mencapai 6,04%. Faktor yang menyumbang inflasi tersebut adalah meningkatnya harga bahan bakar minyak, adanya musim hujan yang mengakibatkan kenaikan harga sayur-mayur, dan pandemi COVID-19 yang berdampak pada ketidakpastian pasar. Dalam perspektif ekonomi makro, peran hukum sangat penting dalam mengatur kebijakan perekonomian untuk menekan inflasi. Di Kota Bandung, kebijakan yang dilakukan antara lain pengendalian harga-harga barang, perluasan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), dan pengawasan kebijakan moneter.

Kesimpulan: Penerapan hukum dan peraturan yang tepat sangat diperlukan untuk menciptakan kestabilan perekonomian di Kota Bandung dan Indonesia pada umumnya.

 

Kata kunci: Inflasi, Hukum, Ekonomi Makro.

Google Scholar Cite Analysis
Abstract viewed = 119 times

Downloads

ARTICLE Published HISTORY

Submitted Date: 2023-05-18
Accepted Date: 2023-05-18
Published Date: 2023-07-08