Pelatihan Microsoft Teams Guna Mendukung Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) bagi Siswa SMA dan SMK Kota Medan
DOI:
10.47709/dst.v3i1.2363Keywords:
Microsoft Teams, Online Learning, Pembelajaran OnlineDimension Badge Record
Abstract
Pandemi global Covid-19 telah menyebabkan banyak keterbatasan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk proses pembelajaran. Untuk mengendalikan penyebaran virus corona, pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan restriksi hubungan dan kerumunan serta menjaga jarak fisik antara individu. Hal ini berdampak pada proses pembelajaran, dan pemerintah mengeluarkan Surat Edaran untuk menerapkan pembelajaran daring dan membatalkan Ujian Nasional. Pembelajaran daring merupakan metode pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Siswa tamatan SMA/SMK yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi juga menghadapi pembelajaran daring. Oleh karena itu, para siswa perlu dilatih dalam penggunaan aplikasi yang mendukung pembelajaran online, seperti Microsoft Teams.
Metode Participatory Active Learning digunakan dalam pelatihan ini, yang melibatkan masyarakat sebagai bagian dari proses. Langkah yang dilakukan meliputi pendekatan kepada kepala sekolah dan menjelaskan tujuan program pelatihan. Pelatihan menggunakan Microsoft Teams dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu pendahuluan, sosialisasi, pelatihan, dan evaluasi akhir.
Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta pelatihan, berhasil menguasai penggunaan Microsoft Teams dalam pembelajaran online. Mereka mampu menggunakan fitur-fitur pembelajaran online yang disediakan oleh Microsoft Teams. Penilaian hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata setelah pelatihan, yang mengindikasikan keberhasilan pelatihan dalam meningkatkan pemahaman dan ketrampilan siswa dalam menggunakan Microsoft Teams sebagai media pembelajaran online.
Abstract viewed = 88 times
Downloads
ARTICLE Published HISTORY
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Syanti Irviantina, Kristian Talembanua
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.