Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran Digital Berbasis Kecerdasan Buatan di SMKN 6 Muaro Jambi
DOI:
10.47709/dst.v4i2.4880Keywords:
Peningkatan Kompetensi, Media Pembelajaran, SMK Negeri 6 Muaro Jambi, Kecerdasan BuatanDimension Badge Record
Abstract
Perkembangan teknologi digital saat ini sangat pesat sekali, khususnya dalam penggunaan kecerdasan buatan. Teknologi kecerdasan buatan saat ini bukanlah sesuatu alat yang sulit didapat, saat ini kecerdasan dapat di akses dan digunakan oleh seluruh pengguna internet dimana saja dan kapan saja. Pemanfaatan kecerdasan buatan ini sangat sedikit sekali digunakan oleh guru-guru di SMK Negeri 6 Muaro Jambi untuk pengembangan media pembelajaran, maka dari itu tim pengabdian Masyarakat melakukan pelatihan pengembangan media pembelajaran yaitu pemuatan video pembelajaran dengan OBS, evaluasi pembelajaran dengan classroom dan pembuatan quiz dengan AI. Adapun hasil kegiatan yang diikuti oleh 15 guru termasuk kepala sekolah pelatihan berjalan dengan lancar dan seru dengan melihat antusias guru saat mengikuti pelatihan. Dari hasil pelatihan yang didapatkan terjadi peningkatan kompetensi guru-guru dalam pembuatan media pembelajarn yang sebelumnya di saat pre test hanya 2 guru yang pernah menggunakan OBS dan tidak ada guru yang pernah membuat soal quiz dengan kecerdasan buatan, namun setelah diadakannya pelatihan dan hasil post test semua guru sangat menyukai pembuatan video pembelajaran dengan OBS dan 12 guru yang menyukai pembuatan quiz dengan menggunakan kecerdasan buatan. Serta dari hasil pengumpulan tugas yang diberikan 13 guru berhasil melakukan pengumpulan tugas video pembelajaran dan 12 guru dapat membuat quiz dengan menggunakan quiziz dengan kecerdasan buatan
Abstract viewed = 42 times
References
Adha, L. A. (2020). Digitalisasi Industri Dan Pengaruhnya Terhadap Ketenagakerjaan Dan Hubungan Kerja Di Indonesia. Journal Kompilasi Hukum, 5(2), 267–298. https://doi.org/10.29303/jkh.v5i2.49
Dwi Mukti, F. (2023). TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR: PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN BUATAN DALAM ERA DIGITAL. Fajar Dwi Mukti] Dirasatul Ibtidaiyah, 3(2).
Eka Meiliawati, A., & Wawan Sugiarto, T. (2024). PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) UNTUK MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS: A LITERATURE REVIEW. INFONTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika, 03(1). https://doi.org/10.56842
Karyadi, B. (2023). PEMANFAATAN KECERDASAN BUATAN DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN MANDIRI. 8(2), 253–258. https://doi.org/10.32832/educate.v8i02.14843
Oktavia, D. H., & Suseno, G. (2024). PEMANFAATAN KECERDASAN BUATAN DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA: POTENSI DAN TANTANGAN Article History. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1680. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.876
Purnama, F., & Aminuddin, H. (2023). PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN PETA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMPN 16 KOTA JAMBI. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan, 5(1). https://doi.org/10.23960/jpvti
Rachmayanti, I., & Alatas, M. A. (2023). Pemanfaatan AI sebagai Media Pembelajaran Digital dalam Foreign Language Development Program (FLDP) IAIN Madura. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11752
Robiul, D., Arya, I., & Zakariyya, A. (2023). MANFAAT KECERDASAN BUATAN UNTUK PENDIDIKAN. In Jurnal Teknologi Komputer dan Informatika | (Vol. 2).
Ronsumbre, S., Rukmawati, T., Sumarsono, A., & Waremra, R. S. (2023). Pembelajaran Digital Dengan Kecerdasan Buatan (AI): Korelasi AI Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1464–1474. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5761
Sudrajat, D., Permatasari, R. D., Wijaya, I. M. S., Setyawan, A. E., & Rahayu, N. (2023). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan sebagai Upaya Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 05(2).
Downloads
ARTICLE Published HISTORY
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fery Purnama, Resi Silvia, Muhammad Elfin Satria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.