ac

Analisis Nilai Religi Dalam Novel Menebar Damai di Bumi Barat Karya Imam Shamsi Ali

Authors

  • Elysa Rohayani Hsb Universitas Labuhanbatu

DOI:

10.47709/jbsi.v1i01.1141

Keywords:

Keywords : Novel, Nilai Religius, islam

Dimension Badge Record



Abstract

Novel Imam Syamsi Ali Menebar Damai di Bumi Barat di terbitkat Naura Book Publishing pada November 2013. Novel Imam Syamsi Ali Menebar Damai di Bumi Barat terdiri sebanyak 103 halaman. Masalah novel ini adalah apa saja nilai religi yang terkandung dalam novel Imam Shamsi Ali Menebar Damai di Bumi Barat. Tujuan novel ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai religius yang terkandung dalam novel Imam Shamsi Ali Menebar Damai di Bumi Barat.

Jenis penelitian novel ini adalah deskriptif  kualitatif, yaitu menganalisis fakta-fakta yang terdapat di dalam novel. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus terpancang.Objek penelitian ini adalah nilai-nilai religius yang terkandung di dalam novel. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu berupa teknik pustaka, simak dan catat.

Hasil penelitian nilai-nilai religius dalam novel ini yaitu nilai akidah,nilai moral, cinta tanah air, kerukunan.

Imam Shamsi Ali menempuh pendidikan di luar negeri dan dia berhasil mengembangkan nilai-nilai islam di bumi barat yang dimana mayoritas nya non-muslim. Sikap nya yang santun,cerdas dan berwawasan luas serta karunia Allah yang senatiasa mengiringi langkahnya menjadikan ia sosok pemimpin komunitas muslim di Amerika Serikat yang di segani serta menjadikan islam di Amerika Serikat memiliki banyak pemeluk-pemeluk baru.

Google Scholar Cite Analysis
Abstract viewed = 403 times

Downloads

ARTICLE Published HISTORY

Submitted Date: 2021-10-29
Accepted Date: 2021-10-29
Published Date: 2021-12-02