ac

Pentingnya Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Soal Tes Literasi dan Numerasi Berbasis Education for Sustainable Development (ESD)

Authors

  • Fiona Ardellea UPI kampus Daerah Tasikmalaya
  • Ghullam Hamdu UPI Kampus Tasikmalaya

DOI:

10.47709/educendikia.v2i02.1587

Keywords:

Kemampuan, Guru, Sekolah Dasar, Literasi, Numerasi, ESD

Dimension Badge Record



Abstract

Kunci keberhasilan pendidikan adalah guru. Guru merupakan suatu pekerjaan yang membutuhkan keahlian, guru dapat dikatakan sebagai suatu profesi. Dalam PISA, literasi dan numerasi menjadi salah satu poin penting pada penilaian kompetensi matematika. Guru dituntut agar mampu menyusun soal-soal literasi dan numerasi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kemampuan guru sekolah dasar dalam mengembangkan soal tes literasi dan numerasi berbasis ESD. Jenis penelititan ini yaitu kualitatif. Sumber data utama meliputi 2 guru kelas 4 di Sekolah Dasar yang berbeda. Sumber data pendukung berupa dokumen soal-soal tes tertulis. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan lembar studi dokumentasi. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa sebagian besar guru sudah membuat soal tes literasi dan numerasi tetapi belum maksimal dikarenakan sulitnya menentukan KKO (Kata Kerja Operasional) dan memilih stimulus. Disamping itu, terkait pembelajaran berbasis ESD belum dimengerti secara konsepnya, namun pelaksanaan di lapangan sudah terealisasikan. Dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan guru sekolah dasar dalam mengembangkan soal tes literasi dan numerasi berbasis ESD masih rendah dan perlu adanya pembinaan serta pelatihan. Kemampuan, guru, soal tes, literasi dan numerasi, ESD.

 

 

Google Scholar Cite Analysis
Abstract viewed = 2063 times

Downloads

ARTICLE Published HISTORY

Submitted Date: 2022-06-30
Accepted Date: 2022-07-10
Published Date: 2022-07-14

How to Cite

Ardellea, F. ., & Hamdu, G. . (2022). Pentingnya Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Soal Tes Literasi dan Numerasi Berbasis Education for Sustainable Development (ESD). Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 220-227. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i02.1587