ac

Pelayanan Kesehatan dan Penerapan caring Behavior pada Pasien yang akan menjalani operasi SC di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan

Authors

  • Modesta Lingga STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Aprilita Sitepu STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Desriati Sinaga STIKes Santa Elisabeth Medan
  • R. Oktaviance STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Elvi Febrina Marnita STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Sarah Saputri Tarigan STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Hoirunnisa Tanjung STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Lili Fitriati Rahmah STIKes Santa Elisabeth Medan
  • Afrinita Eka Putri STIKes Santa Elisabeth Medan

DOI:

10.47709/jpmasdi.v1i2.2622

Keywords:

pelayanan, kesehatan, caring behavior, pasien SC

Dimension Badge Record



Abstract

Tindakan operasi merupakan peristiwa yang menimbulkan kecemasan. Sangat penting menurunkan tingkat kecemasan selama masa pre operasi untuk menjaga stress pasien tidak meningkat, menghindari resiki tinggi pada pembedahan. Salah satu penatalaksanaan dari kecemasan pasien pre operasi adalah menggunakan sentuhan kehadiran, mendengarkan dan memahami untuk mengkomunikasikan sikap “Caring” bidan terhadap pasien saat mengahadapi persalinan dengan tindakan operasi SC. kecemasan pada pasien pre operasi yang tidak di menajemen dengan baik sangat mempengaruhi proses penyembuhan hasil operasi itu sendiri, antara lain pasien kurang kooperatif. Sehingga menyebabkan semua informasi yang bermakna untuk proses penyembuhan lewat begitu saja tanpa memberi dampak positif pada pasien.

Kegiatan ini dilaksanakan di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan dengan cara memberikan pelayanan kesehatan dan penerapan caring behavior pada pasien yang akan menjalani operasi SC sebanyak 16 orang. Kegiatan diawali dengan penjelasan tujuan kegiatan dan manfaat kegiatan serta pemaparan materi kepada peserta. Kegiatan selanjutnya adalah pelayanan kesehatan dan penerapan caring behavior dalam mengatasi kecemasan ketika menghadapi proses persalinan secara SC. Dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini terlaksana dengan baik dan mendapatkan respon yang antusias dari peserta dan keluarga.

 

Google Scholar Cite Analysis
Abstract viewed = 127 times

Downloads

ARTICLE Published HISTORY

Submitted Date: 2023-08-04
Accepted Date: 2023-08-04
Published Date: 2023-07-03