ac

Penguatan Manajemen Kewirausahaan Untuk Mendorong Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kalangan Mahasiswa Universitas Mandiri Bina Prestasi

Authors

  • Daniel Naitupulu
  • Osman Manalu Universitas Mandiri Bina Prestasi

DOI:

10.47709/jpmasdi.v1i2.2507

Keywords:

Manajemen Kewirausahaan, Pertumbuhan Ekonomi, UMKM

Dimension Badge Record



Abstract

Pertumbuhan dan keberlanjutan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam mendorong perkembangan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Namun, banyak UMKM menghadapi tantangan dalam mengelola bisnis mereka secara efektif, menghambat potensi pertumbuhan dan keberhasilan mereka. Proyek keterlibatan masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat manajemen kewirausahaan di kalangan UMKM guna mendorong pertumbuhan mereka dan meningkatkan kontribusi mereka terhadap ekonomi lokal.

Proyek ini berfokus pada penyediaan pelatihan dan dukungan yang ditargetkan kepada pemilik UMKM dan para wirausahawan dalam berbagai aspek manajemen kewirausahaan. Prosesnya dimulai dengan penilaian kebutuhan mendalam untuk mengidentifikasi area-area spesifik di mana UMKM membutuhkan bantuan. Area-area yang diidentifikasi dapat mencakup manajemen keuangan, strategi pemasaran, pengembangan sumber daya manusia, adopsi teknologi, dan perencanaan bisnis.

Google Scholar Cite Analysis
Abstract viewed = 108 times

Downloads

ARTICLE Published HISTORY

Submitted Date: 2023-07-08
Accepted Date: 2023-07-08
Published Date: 2023-07-12