ac

Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Konteks Percakapan Iklan Komersil di Radio

Authors

  • Zulkarnain Sirait STMIK ROYAL
  • Cecep Maulana STMIK Royal

DOI:

10.47709/jbsi.v1i01.1232

Keywords:

Analisis, Bahasa Indonesia, Konteks, Percakapan, Iklan Komersil

Dimension Badge Record



Abstract

Penelitian ini membahas tentang masih banyaknya kesalahan dalam penggunaan bahasa Indonesia. Pemakaian bahasa dan fungsi bahasa dapat ditemukan dalam berbagai macam kegiatan, salah satunya adalah kegiatan perdagangan khususnya penawaran barang dalam bentuk iklan. Bahasa dalam iklan sangat berpengaruh bagi masyarakat yang berperan sebagai alat komunikasi antara produsen terhadap konsumen. Penelitian ini membahas konteks percakapan yang terjadi pada iklan di Radio. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konteks dan teks, dan penggunaan bahasa Indonesia pada percakapan iklan.

Sumber data dalam penelitian ini adalah rekaman iklan radio komersil dan layanan masyarakat yang direkam melalui siaran Prambors radio dan I-Radio Medan. Penelitian ini adalah penelitian yang berfokus pada hubungan antara konteks dan teks, dan analisis penggunaan bahasa Indonesia sebagai upaya untuk mengukur sejauh mana bahasa Indonesia digunakan dalam setiap keperluan. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik rekam, simak dan teknik catat. Lalu dianalisis menggunakan metode kualitatif interaktif, merupakan studi yang mendalam menggunakan teknik pengumpulan data langsung.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antara konteks dan teks memiliki hubungan erat yang tak dapat dipisahkan. kemudian masih banyak iklan yang tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan bahasa Indonesia (EBI). Pada iklan komersil yang berjudul “Teh Sariwangi” memperlihatkan adanya potongan peristiwa percakapan pada sebuah warung antara si penjual dan si pembeli. Dengan produk yang ditawarkan “Teh Sariwangi” dalam bentuk sachet “Sariwangi, hangatnya kebersamaan”. Penyampaian pesan pendek pada kalimat kurang maksimal karena penyiar tidak menjelaskan manfaat atau kelebihan-kelebihan lain jika dibandingkan teh produk lainnya.

Google Scholar Cite Analysis
Abstract viewed = 716 times

Downloads

ARTICLE Published HISTORY

Submitted Date: 2021-12-08
Accepted Date: 2021-12-08
Published Date: 2021-12-09