Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Capcut pada Mata Pelajaran Informatika di Kelas VIII
DOI:
10.47709/digitech.v4i2.4452Kata Kunci:
Pengembangan, Video Pembelajaran, Interaktif, Capcut, InformatikaDimension Badge Record
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran interaktif berbasis aplikasi capcut dan mengetahui uji validitas, praktikalitas dan efektivitas video pembelajaran interaktif berbasis aplikasi capcut yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Disseminate). Subjek penelitian yang telah dilakukan yaitu siswa kelas VIII SMPIT Bina Bangsa. Data dikumpulan menggunakan uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektivitas berupa kuesioner dari ahli media,ahli materi, dan responden siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji validitas penilaian dari 2 ahli media yaitu 97,00% (sangat valid), dan penilaian 1 ahli materi yaitu 90,00% (sangat valid) dapat di simpulkan bahwa penilaian dari 3 validator yaitu 94.67% (sangat valid), Selain itu, hasil penilaian dari 15 siswa memiliki nilai praktikalitas 91,99% (sangat praktis), dan nilai efektivitas nya yaitu 89,45% (sangat efektif). Hal tersebut, dapat dikatakan bahwa video pembelajaran interaktif berbasis aplikasi capcut dapat dikembangkan dan diaplikasikan dalam mata pelajaran informatika.
Abstrak viewed = 82 times