ac

Penguatan Pondasi Matematika dan Sains Anak Pendidikan Dasar

Authors

  • Rosita STKIP Darud Da'wah Wal Irsyad Pinrang
  • Ayu Zulpiah Sulaiman STKIP Darud Da’wah wal Irsyad Pinrang
  • Jumrah STKIP Darud Da’wah wal Irsyad Pinrang
  • Andi Kamal Ahmad STKIP Darud Da’wah wal Irsyad Pinrang

DOI:

10.47709/jpmasdi.v1i2.2468

Keywords:

Anak Pendidikan Dasar, Pondasi Matematika, Pondasi Sains

Dimension Badge Record



Abstract

Latar belakang: Keberhasilan suatu pembelajaran dimulai dengan memperkuat dasar pemahaman atau pondasi, terutama pondasi matematika dan sains anak pendidikan dasar sehingga melalui kegiatan ini disarankan agar proses pembelajaran diciptakan suasana belajar yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak, serta mengembangkan sikap dan perilaku kreatif dan inovatif mereka. Suasana belajar  yang  demikian  hanya  dapat  diperoleh  melalui  penggunaan  metode mengajar yang tepat disertai dengan alat peraga matematika dan sains yang ada dikesehariannya.

Metode penelitian: Metode yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan cara menganalisa data dari hasil catatan di lapangan atau kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Pendampingan terhadap anak usia pendidikan dasar selama kurun waktu dua bulan.

Hasil penelitian: 70% kemampuan dasar/pondasi matematika membutuhkan penguatan pada perkalian dan pembagian. 70% kemampuan dasar/pondasi sains membutuhkan penguatan merumuskan masalah sehingga dapat memperoleh kesimpulan.

Kesimpulan: Memahami   permasalahan   yang   di hadapi setiap anak adalah hal yang harus di perhatikan terlebih dahulu, karena setiap anak memiliki   tingkatan   pemahaman   yang   berbeda dalam menerima setiap informasi yang diberikan, setiap pengajar harus memiliki strategi yang baik untuk menciptakan pengalaman pertama yang berbeda. Berupaya menghubungkan materi matematika dan sains dengan keseharian mereka karena pengalaman pertama yang diterima anak-anak akan menentukan  hasil  dan  pembelajaran  yang  baik untuknya.

Author Biographies

Rosita, STKIP Darud Da'wah Wal Irsyad Pinrang

 

 

Jumrah, STKIP Darud Da’wah wal Irsyad Pinrang

 

 

Google Scholar Cite Analysis
Abstract viewed = 208 times

Downloads

ARTICLE Published HISTORY

Submitted Date: 2023-06-23
Accepted Date: 2023-06-23
Published Date: 2023-07-12