ac

Pengaruh Disiplin Kerja, Kemampuan Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja PNS Di Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang

Authors

  • Hani Nur Istiqlali Universitas YPPI Rembang
  • Ming Ming Lukiarti Universitas YPPI Rembang

DOI:

10.47709/jebma.v4i1.3447

Keywords:

disiplin kerja, kemampuan kerja, lingkungan kerja, kinerja pegawai

Dimension Badge Record



Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana disiplin kerja, kemampuan kerja, dan lingkungan kerja memengaruhi kinerja pegawai Negeri Sipil di Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang. Disiplin kerja, kemampuan kerja, dan lingkungan kerja adalah variabel independen penelitian, dan kinerja pegawai adalah variabel dependennya. Penelitian ini melibatkan karyawan Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang. Dalam metode sampel, seluruh populasi digunakan sebagai sampel jenuh. Penelitian ini melibatkan 97 orang yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil di Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang. Uji instrumen, regresi linier berganda, dan plot box outlier digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin kerja, kemampuan kerja, dan lingkungan kerja berdampak positif  terhadap kinerja karyawan. Hasil uji determinasi menunjukkan bahwa nilai Adjusted R2 sebesar 0,786, yang berarti bahwa variasi dari ketiga variabel independen disiplin kerja, kemampuan kerja, dan lingkungan kerja menyumbang 78,6% dari variasi tingkat kinerja karyawan, dan faktor-faktor lain menyumbang 21,4% dari variasi

Google Scholar Cite Analysis
Abstract viewed = 193 times

References

Fikri, S. L., & Begawati, N. (2020). Pengaruh Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai PT. Tri Sapta Jaya Cabang Padang. Matua Jurnal, 2(4), 279–294.

Ghozali, I. (2020). Grand Theory: Teori Besar Ilmu Manajemen, Akuntansi dan Bisnis. Semarang: Yoga Pratama.

Hasibuan, M. S. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mangkunegara, A. A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Priansa, D. J. (2018). Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.

Rivai, V. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan (7th ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Said, I., Devialesti, V., & Arioen, R. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 274–281.

Saranani, F., Abbas, B., & Anaam, N. (2018). Pengaruh Kemampuan Kerja, Disiplin, dan Lingkungan Kerja Terhadap Pegawai Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara. SIGMA: Journal of Economic and Business, 1(2), 21–28.

Sedarmayanti, S. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja, dan Produktivitas Kerja. Bandung: PT. Refika Aditama.

Tantri, D., & Saluy, A. B. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Direktorat Aneka Kacang dan Umbi Serta Direktorat Pasca Panen Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian. Indikator, 3(2), 82–96.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara

Downloads

ARTICLE Published HISTORY

Submitted Date: 2024-01-13
Accepted Date: 2024-01-13
Published Date: 2024-01-13