ac

Perhitungan Harga Pokok Produksi dalam Menentukan Harga Jual dengan Metode Full Costing pada Arief Bakery Hamparan Perak.

Authors

  • Siti Asmauli Politeknik Ganesha Medan
  • Fauziah Politeknik Ganesha Medan
  • Thetty Surienty Rajagukguk Politeknik Ganesha Medan

DOI:

10.47709/jebma.v3i1.2680

Keywords:

Harga Pokok Produksi, Harga Jual, Full Costing

Dimension Badge Record



Abstract

Abstrak: Arief Bakery merupakan sebuah toko roti yang bergerak dibidang penjualan roti dan cake. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami pengaruh perhitungan harga pokok produksi terhadap harga jual. Berdasarkan hasil  penelitian dan pembahasa didapatkan hasil perbandingan yang berbeda antara perhitungan harga pokok produksi berdasarkan full costing dengan perhitungan harga pokok produksi yang dilakukan Arief Bakery. Perhitungan dengan full costing menghasilkan sebesar Rp. 4.405 dengan  total sebesar Rp. 33.036.000 sedangkan perhitungan Arief Bakery sebesar Rp. 3.770 dengan total sebesar Rp. 26.268.000 Terjadi perselisihan perhitungan yang ada di biaya overhead pabrik, dimana Arief Bakery tidak menghitung biaya penyusutan dan biaya pemeliharaan fasilitas perusahaan. Maka dengan itu terjadilah perselisihan laba. Maka dapat disarankan untuk menggunakan perhitungan menggunakan metode full costing agar meningkatkan keuntungan perusahaan kedepannya.

Latar belakang: Harga pokok produksi adalah biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi barang. Setiap Perusahaan yang berdiri pasti ingin berkembang  dan terus menjaga kelangsungan hidup perusahaannya. Kelangsungan hidup dan perkembangan perusahaan ialah tujuan utama dari setiap perusahaan. Oleh karena itu setiap aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan harus didukung dengan kondisi manajemen pengelolaan yang baik. Penentuan harga pokok produksi yang tepat dapat mengurangi kesalahan dalam menentukan harga jual produk.

Metode: Metode pengumpulan data adalah teknik pengumpulan data merupakan langkah yang paling strategis dalam penelitian karena tujuan penelitian adalah untuk mencapai data-data dan Metode analisis data adalah deskriftif kualitatif.pendekatan kualitatif dalam penelitian ini adalah merupakan metode dengan cara mendeskrifsikan data-data yang sudah ada, dan gambaran maupun data-data yang sudah ada jelas untuk mengetahui penentuan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing dalam menentukan harga jual.

Kesimpulan: Arief Bakery masih melakukan perhitungan dengan metode sederhana dimana biaya yang dihitung belum mencakup seluruh biaya yang dikeluarkan dalam meproduksi produk yaitu Arief Bakery tidak menghitung biaya Overhead pabrik seperti biaya penyusutan dan biaya pemeliharaan fasilitas perusahaan sehingga hasil perhitungannya kurang tepat. Hasil perhitungan dengan full costing menghasilkan sebesar Rp. 4.405 sedangkan perhitungan Arief Bakery sebesar Rp. 3.770.

Google Scholar Cite Analysis
Abstract viewed = 289 times

References

Aldila Septiana, M. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Surabaya: Duta Media Publishing.

Aldila Septiana, M. (2019). Analisis Laporan Keuangan Konsep Dasar dan Deskripsi Laporan Keuangan. Surabaya: Duta Media Publishing.

Arief Sugiono, S. M. (2016). Panduan Praktis Dasar Analisa Laporan Keuangan Edisi Revisi. Jakarta: PT. Grasindo.

Bustami, B. d. (2015). Akuntansi Biaya”. Edisi Kedua. Jakarta: Mitra Wacana Media.

David Wijaya, S. (2017). Manajemen Keuangan Konsep dan Penerapannya. Jakarta: Kompas Gramedia.

Dunia, F. W. (2018). Akuntansi Biaya Edisi 4 Revisi. Jakarta: Selemba Empat.

Dwi, M. (2016). Akuntansi Keuangan Menengah. Jakarta: Salemba Empat.

Harahap, S. S. (2015). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Depok: Rajawali Pers.

Herman Paleni, M. T. (2019). Analisis Laporan Arus Kas Di Koperasi Simpan Pinjam Lestari Kota Lubuklinggau. Media Ekonomi, 86.

Hery, S. (2015). Pengantar Akuntansi Comprehensive Edition. Jakarta: Kompas Gramedia.

Hery, S. M. (2017). Teori Akuntansi Pendekatan Konsep dan Analisis. Jakarta: Grasindo.

Kristian, J. F. (2019). Perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing guna menentukan harga jual produk aquarium. Skripsi, 7.

Muchlis. (2017). Akuntansi edisi ; 5. Bandung: Erlangga.

Muhammad Zainur Roziqin, A. I. (2020). Pengaruh Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas. SENA, 381.

Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya, Edisi 5. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Pangemanan, R. P. (2016). Analisis Penyajian Laporan Keuangan Berdasarkan SAK-ETAP Pada Koperasi Karyawan Bank Sulut Go. Jurnal EMBA, 1450-1460.

Prihadi, T. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Gramedia.

Siburian, M. S. (2019). penentuan Harga /jual Produk Berdasarkan Metode Full Costing pada Home Industri Tempe Habibah. 9.

Subagyo, M. W. (2017). Seri Manajemen Koperasi dan UKM : Tata Kelola Koperasi yang Baik (Good Cooperative Governance). Yogyakarta: Deepublish.

Sujarweni, W. (2015). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: pustaka baru press.

Supriyanto, A. (2015). Tata Kelola Koperasi Kredit Atau Koperasi Simpan Pinjam. Yogyakarta: ANDI.

Supriyono. (2015). Akuntansi Biaya : Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok Edisi kedua. Cetakan kelima belas. Yogyakarta: BPFE.

Supriyono. (2017). Akuntansi Biaya : Pengumpulan Biaya Dan Penentuan Harga Pokok (Edisi 2). Seleman Yogyakarta: BPFE.

Zega, P. A. (2018). Perhitungan harga pokok produksi untuk menentukan harga jual dengan menggunakan metode full costing. Tugas Akhir, 6.

Downloads

ARTICLE Published HISTORY

Submitted Date: 2023-02-23
Accepted Date: 2023-08-10
Published Date: 2023-03-05