ac

Transfer Pricing Dan Tax Avoidance: Tinjauan Literatur Tentang Perspektif Global

Authors

  • Sugiharti Sugih Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

10.47709/jap.v3i2.2982

Keywords:

transfer pricing, tax avoidance, presfektif global

Dimension Badge Record



Abstract

Transfer pricing dan Tax Avoidance  adalah tindakan memanipulasi jumlah laba sehingga pembayaran pajak kepada negara menjadi rendah (Nurrahmi & Rahayu, 2020). Pada dasarnya transfer pricing adalah alat ukur kinerja perusahaan, namun ada juga memanfaatkannya sebagai alat media untuk memanipulasi pajak, sehingga menyebabkan masalah nasional dan presfektif global.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh transfer pricing, dan tax avoidance terhadap presfektif global yang berdampak terhadap integrasi ekonomi nasional. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus transfer pricing. Sumber data adalah sekunder dan proses pengumpulan data dari sumber terpercaya online, sehingga teknik analisisnya menggunakan data reduksi, display data, dan verifikasi data.

Hasil penelitian menjelaskan bahwa transfer pricing, dan tax avoidance dapat terjadi karena memiliki hubungan istimewa perusahaan dengan mekanisme bonus, dan perolehan laba tidak wajar sehingga hal ini dapat ditangani dengan melakukan strategis dalam pengelolaan dan pengumpulan pajak.

Google Scholar Cite Analysis
Abstract viewed = 318 times

Downloads

ARTICLE Published HISTORY

Submitted Date: 2023-10-20
Accepted Date: 2023-10-20
Published Date: 2023-11-05