ac

GEMAR (Game Belajar Al-Qur’an) : Inovasi Desain Belajar Al-Qur’an Berbasis Game Interaktif

Authors

  • Ahmad Nur Cahyo Universitas Negeri Semarang
  • Ridho Azahar Universitas Negeri Yogyakarta
  • M. Zaky Noufal Universitas Negeri Medan

DOI:

10.47709/elektriese.v13i02.3382

Keywords:

Al-Quran, Anak Usia Dini, Game Interaktif

Dimension Badge Record



Abstract

Peningkatkan penggunaan ponsel di Indonesia membuat masyarakat semakin banyak berinteraksi dengan gadget terkhususnya anak-anak. Penggunaan ponsel yang baik dapat memberikan dampak pembelajaran yang signifikan dengan memanfaatkan berbagai fitur yang ada. Pada penelitian ini pengembangan media pembelajaran Gemar bertujuan menjadikan proses pembelajaran Al-qur’an menjadi menarik dan menyenangkan bagi anak-anak. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan teknik analisis data deskriptif dan Argumentatif. Subjek yang dituju pada penelitian ini adalah anak usia dini dengan rentang usia 3 sampai 12 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Game Belajar Al-qur’an memberikan kemudahan bagi anak-anak dalam pembelajaran dan menjadikan pembelajaran Al-qur’an menjadi menyenangkan. Dengan adanya pengembangan Game belajar Al-Quran maka dapat meningkatkan minat pembelajaran Al-qur’an pada anak-anak dan dapat membantu dan mempermudah guru dan orang tua dalam memantau pemahaman anak dalam mempelajari Al-qur’an

Kata kunci: Al-Quran, Anak Usia Dini, Game Interaktif

Google Scholar Cite Analysis
Abstract viewed = 87 times

Downloads

ARTICLE Published HISTORY

Submitted Date: 2023-12-29
Accepted Date: 2024-01-01
Published Date: 2024-01-01

How to Cite

Nur Cahyo, A., Azahar, R. ., & Noufal, M. Z. . (2024). GEMAR (Game Belajar Al-Qur’an) : Inovasi Desain Belajar Al-Qur’an Berbasis Game Interaktif. Elektriese: Jurnal Sains Dan Teknologi Elektro, 13(02), 128-134. https://doi.org/10.47709/elektriese.v13i02.3382