ac

Memperkuat Pondasi Pendidikan: Anak Muda Berkontribusi dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SDN 068344

Authors

  • Miranda Agnelya Naibaho -
  • Mujahid Widian Saragih Universitas Sumatera Utara

DOI:

10.47709/ejim.v3i1.2442

Keywords:

Infrastruktur, Kampus Mengajar, Mahasiswa, Pendidikan Akhlak, Motivasi Siswa, Pembangunan Pendidikan

Dimension Badge Record



Abstract

Pendidikan di suatu negara merupakan faktor kunci dalam menentukan kemajuan suatu negara. Infrastruktur pendidikan yang memadai merupakan prasyarat untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas. Namun, sampai saat ini masih terdapat banyak kekurangan dalam hal sarana dan prasarana, guru yang terbatas, serta akses terbatas terutama di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar).Program Kampus Mengajar menjadi salah satu inisiatif yang bertujuan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Program ini melibatkan mahasiswa dalam membantu sekolah dalam proses mengajar, adaptasi terhadap teknologi, dan administrasi sekolah. Selain itu, mahasiswa Kampus Mengajar juga memiliki peran penting dalam memperbaiki karakter siswa dan meningkatkan minat belajar mereka.

Salah satu sekolah yang menjadi sasaran utama peningkatan kualitas pendidikan adalah UPT SD Negeri 068344 Jl. Jahe X P. Simalingkar. Melalui program Kampus Mengajar, diharapkan sekolah ini dapat mengalami peningkatan dalam hal infrastruktur, kualitas pengajaran, dan prestasi siswa. Keikutsertaan mahasiswa dalam program Kampus Mengajar ini memiliki banyak manfaat. Pertama, mahasiswa dapat memperluas jaringan relasi dan mendapatkan pengalaman di luar lingkungan perkuliahan. Kedua, mahasiswa dapat mengembangkan wawasan, karakter, dan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja. Ketiga, melalui motivasi yang ditanamkan pada siswa, program ini dapat mendorong partisipasi mereka dalam pembangunan negara. Terakhir, perguruan tinggi dan mahasiswa dapat berperan serta secara nyata dalam pembangunan pendidikan di Indonesia.

Kata Kunci: pendidikan, infrastruktur, mahasiswa, Kampus Mengajar, motivasi siswa, pembangunan pendidikan

Google Scholar Cite Analysis
Abstract viewed = 88 times

Downloads

ARTICLE Published HISTORY

Submitted Date: 2023-06-15
Accepted Date: 2023-06-15
Published Date: 2023-06-25

How to Cite

Naibaho, M. A., & Saragih, M. W. . (2023). Memperkuat Pondasi Pendidikan: Anak Muda Berkontribusi dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SDN 068344. Educational Journal of Islamic Management, 3(1), 37-42. https://doi.org/10.47709/ejim.v3i1.2442