ac

Pengembangan Chatbot Batik Menggunakan Metode Long Short-Term Memory

Authors

  • Yetti Yuniati Universitas Lampung
  • Frans Aldi Gurning Universitas Lampung

DOI:

10.47709/digitech.v4i2.4391

Keywords:

chatbot, batik, program, komputer, NLP

Dimension Badge Record



Abstract

Chatbot merupakan program komputer yang dirancang untuk berinteraksi dengan manusia melalui antarmuka percakapan. Batik merupakan seni tekstil tradisional yang unik dan khas asal Indonesia. Namun, dalam era modern ini, minat terhadap batik tradisional semakin menurun, terutama di kalangan generasi modern. Oleh karena itu, penggunaan chatbot tentang batik menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap keindahan dan nilai-nilai budaya batik di masa kini. Dalam penelitian ini, dikembangkan sebuah chatbot yang menyediakan informasi relevan, menarik, dan mudah dipahami mengenai batik. Chatbot ini bertujuan untuk memberikan informasi masyarakat luas dan memperkenalkan nilai-nilai budaya, estetika, dan keunikan batik Indonesia. Dengan demikian, diharapkan dapat mendorong minat dan keinginan untuk melestarikan batik sebagai warisan budaya yang berharga. Pengembangan chatbot ini dilakukan menggunakan arsitektur deep learning berbasis NLP (Natural Language Processing) dengan model LSTM (Long Short-Term Memory) untuk meningkatkan akurasi dalam memberikan jawaban yang tepat. Melalui pelatihan dengan 4000 epoch, chatbot berhasil mencapai akurasi 100%. Dengan adanya chatbot ini, masyarakat dapat dengan mudah mengajukan pertanyaan berbasis teks seputar batik, seperti sejarah, asal-usul, dan makna motif batik.

Google Scholar Cite Analysis
Abstract viewed = 80 times

Downloads

ARTICLE Published HISTORY

Submitted Date: 2024-07-25
Accepted Date: 2024-09-04
Published Date: 2024-09-30

How to Cite

Yuniati, Y., & Gurning, F. A. . (2024). Pengembangan Chatbot Batik Menggunakan Metode Long Short-Term Memory. Digital Transformation Technology, 4(2), 753-759. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i2.4391