E-Learning Berbasis Design Thinking untuk Meningkatkan Kognitif Siswa dalam Pembelajaran Pemodelan Perangkat Lunak
DOI:
10.47709/digitech.v4i1.3928Keywords:
E-learning, Efektivitas E-learning, Design Thinking, SLEEG, Pemodelan Perangkat Lunak, Kognitif/Pemahaman SiswaDimension Badge Record
Abstract
Perancangan e-learning berbasis Design Thinking merupakan pendekatan inovatif dalam pembelajaran pemodelan perangkat lunak. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana merancang e-learning yang efektif berdasarkan prinsip Design Thinking untuk meningkatkan pembelajaran pemodelan perangkat lunak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem e-learning yang menggunakan pendekatan Design Thinking dan menerapkannya dalam pembelajaran pemodelan perangkat lunak. Luaran yang ingin dicapai adalah merancang e-learning yang interaktif, menarik dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang pemodelan perangkat lunak. Metode penelitian yang digunakan adalah Smart Learning Environment Establishment Guideline (SLEEG). Dalam metode ini terdapat enam tahapan yaitu Plan, Do, Check, Act, tahapan tersebut meliputi metode Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation atau ADDIE. Studi literatur, observasi dan wawancara juga dilakukan oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan e-learning berbasis Design Thinking dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak (PPL). Rata-rata keseluruhan aspek sebesar 101,4 yang dapat dikategorikan “Baik”. Data penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi kognitif belajar siswa yang signifikan dan respon positif siswa terhadap penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran.
Abstract viewed = 87 times