ac

Rancang Bangun Media Pembelajaran Augmented Reality Rotasi dan Revolusi Bumi Menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle

Authors

  • Arip Rahman Maulana Universitas Kuningan
  • Rio Andriyat Krisdiawan Universitas Kuningan
  • Sherly Gina Supratman Universitas Kuningan

DOI:

10.47709/digitech.v4i1.3742

Keywords:

Augmented Reality, Rotasi dan Revolusi Bumi, Fisher Yates Shuffle, MDLC, Unity

Dimension Badge Record



Abstract

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan merangsang terjadinya proses belajar pada siswa. Buku paket hanya mengandalkan gambar 2D memiliki keterbatasan dalam menggambarkan pergerakan rotasi dan revolusi bumi, sehingga siswa kesulitan dalam memahami pergerakan rotasi dan revolusi bumi dan proses evaluasi juga terdapat kendala karena bersifat manual hal ini memicu terjadi saling contek menyontek, karena soal yang diberikan ke semua siswa sama. Dengan hadirnya teknologi Augmented Reality diharapkan dapat membantu proses pembelajaran dalam menggambarkan pergerakan rotasi dan revoluusi bumi. Augmented Reality merupakan sebuah teknologi yang mampu menggabungkan benda dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata kemudian memunculkannya atau memproyeksikannya secara real time. Pada penelitian ini menggunakan algoritma Fisher Yates Shuffle untuk pengacakan soal agar soal yang ditampilkan berbeda-beda hal ini untuk mengurangi tindakan contek menyontek antar siswa. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle) terbagi dalam 6 tahap, yaitu : Concept, Design, Material collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Pembuatan aplikasi ini menggunakan software Blender dan Unity. Dari hasil implementasi dan pengujian menunjukan bahwa aplikasi dapat dijalankan sesuai kebutuhan dan perancangan sistem.

Google Scholar Cite Analysis
Abstract viewed = 103 times

Downloads

ARTICLE Published HISTORY

Submitted Date: 2024-03-29
Accepted Date: 2024-05-06
Published Date: 2024-06-11

How to Cite

Maulana, A. R. ., Krisdiawan, R. A. ., & Supratman, S. G. (2024). Rancang Bangun Media Pembelajaran Augmented Reality Rotasi dan Revolusi Bumi Menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle. Digital Transformation Technology, 4(1), 285-295. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i1.3742