ac

Sistem Pengambilan Keputusan dalam Memilih Bioskop di Palembang untuk Pelanggan Menggunakan Simple Additive Weighting (SAW)

Authors

  • Rindi Atika Universitas Multi Data Palembang
  • Novan Wijaya Universitas Multi Data Palembang

DOI:

10.47709/digitech.v4i1.3680

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, SAW, Bioskop, Benefit, Cost

Dimension Badge Record



Abstract

Bioskop adalah salah satu hiburan yang bisa dinikmati. Di Palembang, ada banyak bioskop yang bisa dipilih orang untuk menghabiskan waktu. Akan tetapi, seseorang hanya dapat menikmati salah satunya satu per satu. Dalam memilih bioskop sendiri, banyak kriteria yang bisa dipertimbangkan seperti harga, fasilitas, pelayanan, atau jarak. Dalam memilih bioskop terbaik untuk menonton film, kriteria tersebut dapat membantu. Untuk bisa mendapatkan hasil terbaik dalam memilih bioskop, seseorang dapat menggunakan pengambilan keputusan. Studi ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk membantu memutuskan bioskop mana yang layak untuk dipilih. Proses dalam membuat keputusan menggunakan SAW adalah menentukan kriteria yang terdiri dari keuntungan (benefit) dan biaya (cost), memutuskan alternatif, membuat matrix keputusan, melakukan normalisasi, dan mengurutkan alternatif untuk mengetahui nilai yang tertinggi. Setelah proses yang ada dilakukan, hasil akhir dari penggunaan metode SAW dalam pengambilan keputusan untuk memilih bioskop adalah Cinepolis berada di urutan teratas.

Google Scholar Cite Analysis
Abstract viewed = 65 times

Downloads

ARTICLE Published HISTORY

Submitted Date: 2024-03-05
Accepted Date: 2024-03-14
Published Date: 2024-03-31

How to Cite

Atika, R., & Wijaya, N. (2024). Sistem Pengambilan Keputusan dalam Memilih Bioskop di Palembang untuk Pelanggan Menggunakan Simple Additive Weighting (SAW). Digital Transformation Technology, 4(1), 17-23. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i1.3680