ac

Analisa Penerapan Logika Fuzzy dalam Visualisasi Kepuasan Mahasiswa pada Pembelajaran Prodi DIII Teknik Komputer

Authors

  • Eko Budihartono Politeknik Harapan Bersama

DOI:

10.47709/digitech.v3i2.3242

Keywords:

Aplikasi, Logika Fuzzy, Algoritma

Dimension Badge Record



Abstract

Proses pembelajaran dan layanan pada Program Studi DIII Teknik Komputer dalam menganalisis data kepuasan mahasiswa seringkali menjadi tugas tersulit pada Program Studi DIII teknik komputer. Kendala terbesarnya adalah pengerjaannya dilakukan secara manual. Oleh karena itu, harus sangat berhati-hati dalam menganalisis kepuasan mahasiswa tersebut, baik dari segi harapan proses pembelajaran maupun pelayanan Program Studi DIII Teknik Komputer. Kendala lain yang menghambat proses analisis data adalah kurangnya pengetahuan tentang metode pengolahan data dalam hal ini dengan metode logika fuzzy dalam menganalisis kepuasan mahasiswa berdasarkan harapan proses pembelajaran dan layanan Program Studi DIII Teknik Komputer, sehingga mencapai hasil akhir yaitu kepuasan mahasiswa.  Tujuan dari artikel ini adalah untuk membuat aplikasi logika fuzzy yang menyediakan metode analisis data untuk menganalisis kepuasan mahasiswa sesuai Harapan proses pembelajaran dan layanan Program Studi DIII Teknik Komputer . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah logika fuzzy yang merupakan bagian dari metode kecerdasan buatan. Logika fuzzy ini merupakan  algoritma yang berasal dari pemikiran manusia. Sehingga diharapkan pengambilan keputusan dapat lebih manusiawi dengan menggunakan sistem aplikasi logika fuzzy untuk menampilkan informasi untuk menganalisis kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran dan layanan Program Studi DIII Teknik Komputer. Berdasarkan hasil pengujian black box dapat disimpulkan bahwa aplikasi berfungsi dengan baik. Data homepage, profil Prodikom, berita, analisa kepuasan, hasil analisa, hasil akhir, kontak, sudah sesuai dengan yang diharapkan (output). Hasil akhir Analisis kepuasan dari 184 mahasiswa yang didapat kategori memuaskan sejumlah 85% dan tidak memuaskan sejumlah 15% yang dimasukkan (input) sudah sesuai dengan yang diharapkan (output).

Google Scholar Cite Analysis
Abstract viewed = 252 times

Downloads

ARTICLE Published HISTORY

Submitted Date: 2023-11-24
Accepted Date: 2023-11-24
Published Date: 2023-11-27

How to Cite

Budihartono, E. (2023). Analisa Penerapan Logika Fuzzy dalam Visualisasi Kepuasan Mahasiswa pada Pembelajaran Prodi DIII Teknik Komputer. Digital Transformation Technology, 3(2), 677-685. https://doi.org/10.47709/digitech.v3i2.3242